PBBMI Cabang Purwokerto (Banyumas) Sukses Menyelenggarakan Pelatihan Western Blot

0
132

 

 

 

 

 

 

 

Perhimpunan Biokimia dan Biologi Molekuler Indonesia (PBBMI) Cabang Purwokerto (Banyumas), Jawa Tengah bekerjasama dengan Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) dan PT Nutrilab Pratama sukses mengadakan workshop “Western Blot”. Kegiatan workshop dilaksanakan di Laboratorium Genetika dan Biologi Molekuler Fakultas Biologi UNSOED selama tiga hari, pada Tanggal 14, 15, dan 16 Agustus 2018.

Workshop diikuti oleh 33 orang peserta dari berbagai lembaga/institusi, di antaranya: Universitas Patimura Ambon, Bioteknologi UGM, Dengue Center Yogyakarta, Litbangkes Banjarnegara, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Fakultas pertanian UNSOED, Fakultas Ilmu Kesehatan UNSOED, Fakultas Peternakan UNSOED, Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan UNSOED, Fakultas MIPA UNSOED, dan Fakultas Biologi UNSOED.

Workshop yang dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Biologi UNSOED, berisi serangkaian kegiatan yang menyeimbangkan antara teori (lecture) dan praktik. Dalam lecture, peserta workshop diberikan pengetahuan dan pemahaman bagaimana mengisolasi protein dari jaringan, memurnikan, dan mendeteksinya. Juga diberikan pengetahuan tentang tissue culture dan lain-lain. Dalam praktik, peserta diberikan keterampilan teknik mengisolasi protein, teknik mengkuantifikasi (menghitung) kadar protein, teknik membuat gel poliakrilamida, teknik memisahkan protein dengan metode elektroforesis gel poliakrilamida, mendeteksi protein dengan western blot, dan menginterpretasi hasil elektroforesis dan western blot.

Dalam kesempatan sambutannya, Ketua PBBMI Cabang Purwokerto, Dr. Ir. Hery Winarsi., M.Si. menyampaikan harapannya bahwa kegiatan workshop dapat menambah pengetahuan dan keterampilan peserta dalam mendukung kegiatan riset-riset yang dilakukan. Dr. hery juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta dalan menyukseskan kegiatan workshop. Semoga PBBMI khususnya Cabang Purwokerto dapat terus konsisten memfasilitasi kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti ini (snh).