PBBMI Cabang Pekanbaru Sukses Gelar Workshop Regional

0
113

Bersempena dengan Dies Natalis Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK UR) ke 16, Fakultas Kedokteran Universitas Riau dan Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab bekerja sama dengan Perhimpunan Biokimia Biologi Molekuler Indonesia (PBBMI) cabang Pekanbaru sukses menyelenggarakan Workshop Regional dengan topik “Introduction to Bioinformatics for Health Care, Research and Education” pada tanggal 13-14 Oktober 2017 di Rumah Sakit Universitas Riau.

Bioinformatika merupakan suatu bidang riset yang bertujuan untuk menganalisis informasi genetik dari next generation sequencing (NGS) dan merupakan tulang punggung pengembangan vaksin dan obat. Pada workshop ini peserta diperkenalkan dengan teknologi NGS yang memegang peranan sangat penting pada penelitian kedokteran dan kesehatan.  Workshop ini difasilitasi oleh pakar bioinformatika international Dr. Mohammad Asif Khan dari Perdana University, Malaysia ; Dr. Bimo A Tedjo dari Faculty of Applied sciences UCSI, Malaysia ; serta pakar bioinformatika nasional Setia Pramana, Ph. D dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, Jakarta. Workshop yang berlangsung selama dua hari tersebut diikuti sebanyak 15 peserta dari berbagai institusi pendidikan tinggi, baik dari kota pekanbaru dan luar kota pekanbaru. Peserta dari luar pekanbaru berasal dari institusi pendidikan di kota Bogor, Padang, dan Medan, masing-masing sebanyak 1 orang.

Materi pada workshop antara lain introduction to bioinformatics and its applications, NGS, vaccine dan drug design, serta introduction to R statistic for life sciences. Workshop ini juga memberikan hands on training tentang penggunaan R statistic sebagai instrumen untuk menganalisis data penelitian. Dr. Arfianti, M.Biomed, PhD selaku ketua kegiatan menyebutkan selain sebagai acara ilmiah, kegiatan ini juga merupakan wadah silaturahmi antar anggota PBBMI cabang Pekanbaru untuk dapat menjalin kolaborasi baik antar institusi pendidikan di Kota Pekanbaru, maupun dengan lembaga pendidikan di STIS, Perdana University dan UCSI Malaysia.

Sumber : Reportase panitia dengan penyuntingan