Laporan Kongres ke 13 PBBMI

0
653

Kongres ke 13 PBBMI telah berlangsung pada tanggal 20 Oktober 2023 yang silam di Ijen Suites Resort Convention Malang. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 15.00 hingga 17.30 ini dihadiri oleh utusan dari 19 Cabang PBBMI.

Sidang berjalan dengan lancar dan tertib, diawali dengan pembacaan laporan pertanggungjawaban pengurus sebelumnya yang diketuai oleh Dr. Dra. Rahmawati Ridwan, Apt., MS. Kemudian dilanjutkan dengan pernyataan sikap dari masing-masing utusan cabang terhadap apa yang telah dilaporkan. Hasilnya semua cabang sepakat menerima laporan pertanggungjawaban pengurus pusat masa bakti 2018-2023, dengan beberapa masukan seperti mendokumentasikan pengurus PBBMI yang berperan besar pada saat penanganan pandemi Covid-19 dan mapping keahlian para anggota PBBMI.

Kemudian sidang yang dipimpin oleh Prof.Dr. Zeily Nurachman MS dan sekretaris dr. Fajri Marindra Siregar, M.Kom, M.Biomed dilanjutkan dengan pemilihan ketua umum PBBMI masa bakti 2023-2026. Setelah dilakukan musyawarah dan voting akhirnya kongres menetapkan ketua PBBMI yang baru yaitu Prof.Dr. Zeily Nurachman MS.

Adapun pembahasan dari Kongres ke 13 PBBMI dimalang, adalah sebagai berikut :
1. Terkait jurnal Acta Biochimica Indonesiana
a. Kedepan kepengurusan jurnal akan diserahkan kepada tim independen (PBBMI Press), sehingga tim editorial memiliki kemandirian untuk mengembangkan jurnal Acta Biochimica Indonesiana.
b. Kepada setiap ketua cabang agar dapat terus memotivasi para anggota untuk memberikan kontribusi artikel yang berkualitas melalui jurnal Acta Biochimica Indonesiana.
2. Mulai tahun 2024 iuran tahunan anggota akan dinaikkan menjadi Rp 200.000/tahun dengan proporsi pusat dan cabang 50%:50%
3. Telah ditetapkan pemenang sayembara logo baru PBBMI yang dimenangkan oleh Ibu Idar (Cabang Bandung), selanjutnya akan dilakukan rapat khusus untuk penetapan logo baru oleh pengurus yang baru. (cek berita)
4. Seminar nasional berikutnya insyaaAllah akan ditaja oleh cabang berikut :
Tahun 2024 : Cabang Pekanbaru
Tahun 2025 : Cabang Bogor
Tahun 2026 : Cabang Palembang (Bersamaan dengan Kongres)
Tahun 2027 : Cabang Yogyakarta

Adapun rekomendasi dari Kongres ke 13 PBBMI di Malang, adalah sebagai berikut :
1. Kepengurusan yang baru diharapkan dapat melaksanakan pembahasan AD/ART organisasi agar menyesuaikan dengan perkembangan organisasi terkini
2. Kepengurusan yang baru diharapkan dapat melaksanakan rapat khusus untuk membahas penerapan hasil sayembara logo baru PBBMI
3. Kepengurusan yang baru diharapkan untuk melakukan pendaftaran organisasi ke lembaga terkait sebagai aspek legalitas
4. Kepengurusan yang baru diharapkan senantiasa melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk anggota PBBMI dan melakukan perluasan cabang hingga ke Indonesia bagian timur.

Dokumentasi Kegiatan :

 

Foto bersama para peserta kongres