Teknik isolasi Na+, K+-ATPase dari otak babi

Isolation technique of Na+, K+-ATPase from pig brain

  • Rondang Soegianto Laboratorium Biokimia Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Abstract

Na+, K+-ATPase adalah enzim yang terdapat di dalam membran sel dan terintegrasi erat dengan komponen-komponen membran. Pembebasan enzim secara menyeluruh dari lokasinya dalam membran sampai sekarang belum terlaksana dengan sempurna. Salah satu masalah yang harus diatasi ialah pemisahan Na+, K+-ATPase dari protein-protein lain yang terdapat dalam membran tanpa terlalu banyak mengorbankan intergritas enzim yang sedang diisolasi. Karena organ yang berbeda mempunyai komposisi membran sel yang berlainan maka teknik isolasi enzim harus disesuaikan dengan jenis jaringan yang bakal digunakan sebagai sumber enzim. Patut diperhatikan bahwa seberapa jauh kita perlu memurnikan enzim bergantung pada tujuan eksperimen dengan enzim ini. Makalah ini membicarakan teknik isolasi Na+, K+-ATPase dari korteks otak babi dengan sistem pemurnian yang menggunakan NaI. Dikemukakan juga perbedaan metode ini dengan teknik isolasi Na+, K+-ATPase dari jaringan ginjal.

Translation:

Na+, K+-ATPase is an enzyme located in the inner cell membrane and is closely integrated with cell membrane components. The release of this enzyme from its source in the cell membrane cannot yet be completely performed. One problem that needs to be solved is the separation of the enzyme from other proteins within the membrane without disrupting its integrity. Since different organs have different cell membrane compositions, thus the isolation techniques of an enzyme must be adjusted based on the type of tissue as the source of the enzyme. Regarding the purpose of study using a certain enzyme, it is important to consider how far the enzyme has to be purified. This article describes the technique of Na+, K+-ATPase isolation from cortex area of pig brain using NaI purification-based method. In addition, different method to isolate the enzyme from kidney tissue is also explained.

Published
1988-11-30
How to Cite
Soegianto, R. (1988). Teknik isolasi Na+, K+-ATPase dari otak babi : Isolation technique of Na+, K+-ATPase from pig brain. Acta Biochimica Indonesiana, (3), 1-5. https://doi.org/10.32889/actabiona.23
Section
Articles