PBBMI Cabang Purwokerto Sukses Adakan Seminar Nasional dan Workshop Analisis Bioinformatik

0
1141

Terobosan dalam ilmu Biokimia dan Biologi Molekuler semakin menggeliat di Indonesia. Baru-baru ini, Perhimpunan Biokimia dan Biologi Molekuler Indonesia (PBBMI) Cabang Purwokerto sukses menyelenggarakan Seminar Nasional perdana dengan tema “Teknologi Next Generation Sequencing dan Bioinformatika dalam Mendukung Riset Interdisipliner Masa Depan”.

Acara yang diadakan pada tanggal 16 Maret 2022 di Hotel Java Heritage Purwokerto ini awalnya menargetkan 110 peserta, tetapi berhasil menarik perhatian 140 peserta dari berbagai institusi di beberapa daerah di Indonesia. Di antaranya yaitu Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Nahdlatul Ulama (Purwokerto), Universitas Andalas (Padang), UPN Veteran Jakarta, dan Universitas Khairun (Maluku), serta Lembaga Biologi Vaksin Puskesad (Bandung).

Acara ini merupakan buah kolaborasi antara PPBMI Cabang Purwokerto, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), dan PT Artha Genetikalab Indonesia. Acara dihadiri oleh pembicara yang sangat menginspirasi, seperti Wakil Rektor UNSOED Bidang Pendidikan, Dr. Ir. Noor Farid., M.Si., yang berbicara mengenai pentingnya riset kolaborasi interdisiplin di perguruan tinggi dan lembaga riset untuk kemajuan bangsa di era revolusi industry 5.0. Dr. Dra. Rahmawati Ridwan, Apt., M.S., selaku ketua umum PBBMI Pusat, juga memberikan paparannya tentang Riset PBBMI berbasis molekuler dan instrumen modern untuk mendukung kolaborasi riset interdisiplin.

Tidak hanya itu, Prof. Dra. Endang Srimurni K., S.U., Ph.D, selaku kepala laboratorium Riset UNSOED, memaparkan sejarah perkembangan teknologi sekuensing. Chrystine Yan, Ph.D yang merupakan Field Applicant Specialist dari MGI Malaysia, memberikan materi tentang teknologi NGS dan analisi bioinformatik. Dan sebagai penutup, Mohammad Nurhafid, S.Pi., M.Si menyampaikan materi terkait metode preparasi librari untuk NGS.

Selain itu, diadakan juga lomba poster ilmiah yang diikuti 19 peserta dengan memperebutkan lima posisi juara beserta sertifikat dan uang pembinaan. Juara pertama, kedua, dan ketiga didapatkan oleh Tirta Wardana, S.Si., M. Biotech, Rama Adi Pratama SP., M.P, dan Dr. Hartiwi Diastuti, M.Si dan tim.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menyebarluaskan informasi mengenai teknologi terbaru di bidang Biokimia dan Biologi Molekuler sehingga dapat mendukung riset-riset para peneliti dan praktisi di segala bidang. Kegiatan ilmiah seperti ini, diharapkan dapat menjadi sarana silahturahmi dan juga pertukaran ilmu bagi seluruh peneliti pada umumnya dan anggota PBBMI yang tersebar di 25 cabangnya di seluruh Indonesia pada khususnya”, ujar Dr.rer.nat Saefuddin Aziz, S.Si., M.Si., selaku ketua panitia pada saat pembukaan acara.

Ketua PBBMI Cabang Purwokerto, Sapto Nugroho Hadi, S.Si., M.Biotech, dalam sambutannya menyampaikan bahwa “PBBMI Cabang Purwokerto sebagai salah satu organisasi profesi, bercita-cita memberikan kebermanfaatan, tidak hanya bagi anggotanya, namun bagi semua kalangan, dosen, peneliti, praktisi, dan masyarakat umum. Kehadiran Seminar Nasional ini, menjadi salah satu ikhtiar kami memberikan kebermanfaatan bagi semua. Kami berharap momen ini memberikan kebermanfaatan bagi semua, membuka dan menguatkan pintu kerjasama dan kolaborasi.” Sukses selalu PBBMI Cabang Purwokerto.

Oleh: Annistia – PBBMI Cabang Purwokerto

Editor: Sarmoko

Dokumentasi :